Direktori ini berbentuk excel file yang memuat nama-nama raja dari Datuak Sri Maharaja Diraja dan Tuanku Rajo Tianso. Untuk sementara sampai saat ini (240 Nama) baru di lingkungan keluarga Inti yaitu Raja Alam, Raja Adat dan Raja Ibadat serta perangkat seperti Panitahan Sungai Tarab.
Sara menggunakan cukup mudah, cukup dengan melakukan sort pada :
- Position : untuk mengetahui urutan yang menjabat jabatan tertentu
- Grand Father untuk melihat cucu dari seseorang
- Mom of Mother untuk melihat cucu matrilineal dari seseorang
- dst
Sehingga tools ini bisa digunakan untuk melacak garis keturunan untuk jalur Patrilineal dan Matrilineal sekaligus. Level digunakakan untuk mengurutkan keturunan, berhubung data tahun belum lengkap.
Sumber data dari geni.com, blog, penuturan langsung dll.
File ini boleh di download dan ditambahkan daftarnya, misalnya untuk kerabat di Kerajaan Sapiah Balahan atau keluarga yg belum tercatat. Usahakan mencari dulu nama-nama yang digunakan sebagai Name, Father, Mother, GF, Uncle dsb di Kolom Name. Jika tidak ada baru masukkan data baru.
Untuk melacak keturunan viewnya adalah sebagai berikut :
Semoga berguna ….
Silahkan di download di sini :
Cuplikan Data untuk Posisi Raja Alam :
101S | Sri Maharaja Diraja | Sang Sapurba (?) ; Tramberi Tribuana |
102K | Datuak Katumanggungan | Sutan Paduko Basa; Sultan Al-Malikul Akbar |
102S | Adityawarman | Tuan Saruaso |
103K | Ananggawarman | Raja Baramah |
104K | Dewang Pandan Putowano | Tuanku Maharajo Sati I |
105K | Puti Panjang Rambuik II | Bundo Kanduang |
106K | Dewang Banang Raiwano | Dang Tuanku ; Dewang Pandak Salasiah Banang Raiwano |
107K | Dewang Sari Deowano | Tuanku Maharajo Sati II; ada kudeta oleh Dewang Palokamo |
108K | Dewang Sari Megowano | YDP Sri Rajo Maharajo |
109K | Dewang Pandan Banang Sutowano | |
110K | Sultan Alif 1 | YDP Bagewang I ; Sultan Bakilap Alam |
111K | Sultan Syaiful Aladin | |
111K | YDP Rajo Gamuyang I | |
112K | YDP Manguyang | |
112K | Sultan Ahmadsyah | Raja Barandangan |
113K | Sultan Alif 2 | |
114K | Rajo Bagagarsyah Alam | |
114K | YDP Rajo Bagewang | |
115K | Sultan Bagagar Alamsyah | Raja Lembang Alam |
115K | YDP Rajo Gamuyang | |
116K | Sultan Alam Muningsyah | YDP Bawang |
116K | Rajo Naro I | YDP Malenggang Alam |
117K | YDP Patah | Sultan Alam Muningsyah II |
118K | Sultan Alam Bagagarsyah | Sultan Tangkal Alam Bagagarsyah; YDP Hitam |
38 comments
Comments feed for this article
October 29, 2012 at 7:47 pm
RAJA KERAJAAN MELAYU JAMBI.
SETELAH DIBACA DAN DITELITI, GARIS RAJA BERAMAH DENGAN ANAKNYA BERNAMA PUTRI SELARO PINANG MASAK (RAJA JAMBI), PUTRI RAMBUT PANJANG DAN PUTRI BUNGSU TAK ADA ….. SEDANGKAN DLM CATATAN DI KERAJAAN MELAYU JAMBI PUTRI SELARO PINANG MASAK ASALNYO DARI PAGARUYUNG……..
October 29, 2012 at 8:25 pm
Fadli
Yth. Pak Raden,
untuk Puti Salareh Pinang Masak, kelompoknya adalah sebelum Muningsyah 1 bahkan. Datanya blm sempurna untuk MS1 ke atas. Ditunggu ya pak.
November 1, 2012 at 8:23 am
amri marzali
Gunung Sahilan adalah bekas kerajaan kecil di Kuantan. Seorang Prof. di UIN SUSKA Riau pernah menelitinya, tapi kurang tuntas karena banyak informasi yg terputus. Tuan Gadih katanya jadi raja di Kampar? Keduanya, Kuantan dan Kampar adalah bekas “rantau” Pagar Ruyung.
November 13, 2012 at 1:06 am
busu
mhon maaf sblumnya saya mau nanya mnurut orang tua km msh kturunan pagaruyung dari turunan yg di knal di daerah kami dg gelar datu balang/cik balang nama bliau aslinya adalah syekh sultan saipul anwar apkah memang benar adanya ? mhon info pnjelasannya
November 19, 2012 at 6:19 am
muh.miftah A.Tadjuddin EAR
Assalamualaikum warahmatullah,
sedikit pertanyaan dan semoga mendapatkan informasi yang jelas,,
Adakah salah satu raja-raja di pagaruyung yang mempunyai anak keturunan yang pernah hijrah ke bagian timur indonesia ? ( Sulawesi, Gowa ) , Seram -Sawai Saleman, Maluku dan Maluku Utara (Saat ini ) (Halmahera)
mohon informasinya.
demikian
November 18, 2023 at 3:52 am
Adin
Ada puti lengkong, punya keturunan M. Faiz
December 28, 2012 at 9:55 pm
aisyah
saya nak tau… itam mat derus raja pagar ruyung dari keturunan mana nyer?
February 15, 2013 at 3:15 pm
swarnabhumigroup
kami dari lebong (renah sekalawi) mengakui sbg keturunan dari dang tuanku sultan remendung.spt yg tertulis dr tembo2 di keluarga kami turun temurun dan selalu disembunyikan tp oleh kel dg alasan takut disalahgunakan..
September 4, 2013 at 2:56 pm
MiraMarlena
Salam semua,
Almarhum moyang saya juga dikatakan berasal dari keturunan kerabat diraja Pagaruyung yang memegang nama Raja Laboh @ Yamtuan Sati @ Raja Sati.
Apabila saya terlihat silsilah di atas, terdapat 2 Raja memegang gelaran Maharaja Sati.Masalahnya, saya tak pasti yang mana satu milik almarhum moyang saya.
Ada sesiapa boleh bantu saya di dalam perkara ini?
Sekian terima kasih.
November 21, 2015 at 7:06 am
mohammad
puan..yamtuan sati raja labuh pernah menjadi yamtuan seri menanti pada 1824. yam tuan sati gunung hijau adalah saudara kandungnya. sangat menarik apabila mengetahui ada warisnya di n9 kerana ramai yg beranggapan beliau pulang ke gunung sahilan pada 1826.
November 26, 2015 at 7:30 am
MiraMarlena
Salam En. Mohammad,
Terima kasih di atas maklumat yang diberi. Waris almarhum masih terdapat di Rembau dan sekitar Ampangan, Negeri Sembilan tetapi kebanyakannya dah berusia dan ada yang sudah meninggal dunia. Ada juga waris yang saya tak pernah jumpa tetapi mempunyai perkaitan dengan Almarhum.
Soalan saya, masih adakah waris almarhum menetap di Gunung Sahilan sekarang ni? Bagaimana pula dengan saudara kandungnya Yamtuan Sati Gunung Hijau dan keturunannya?
Wassalam.
February 23, 2022 at 11:00 pm
mustaffa
salam. sy mus nak bertanya keturunan raja laboh boleh wssap 01155031051
October 12, 2013 at 7:45 pm
Direktori Silsilah Keluarga Raja-Raja Pagaruyung | YHOHANNES NEOLDY, ST
[…] Sumbar : https://mozaikminang.wordpress.com/2012/10/29/direktori-silsilah-keluarga-raja-raja-pagaruyung/ […]
February 3, 2014 at 9:22 am
RadityaNugraha.salaka
Assalamualaikum.wr.wb. .salam kenal sodaro. .Begini,setelah membaca urutan salasilah raja2 Minang, maka izinkan saya bertanyo,dari sekian banyak raja2,.raja yg mana yg tlah menurunkan Zuriat nya ke tanah Lampung?khusus nya ke negri Sekali birak,mohon penjelasan nya. Wslm
October 15, 2022 at 12:45 pm
Shen Bagindo
Dewang banang sutowano, anak perempuannya bergelar puti kayangan. Putri ini yang menikah dengan kun tunggal.
February 5, 2014 at 3:04 pm
kitengtoak
ass.wr.wb
kami di aceh lg mencari asal sultan melingkar alam yg didatangkan dr pagaruyung.konon memiliki kakak 10 org.dan sultan cindur mato yg kemudian menyusul ke aceh beberapa thn kemudian
February 12, 2014 at 9:13 am
sewa mobil jakarta
Pengetahuan sejarah yang sangat menarik.
June 12, 2014 at 7:44 pm
suryasyam
Reblogged this on Rang Koto Gobah and commented:
dimanakah kita dapat melihat pemakaman raja minangkabau ini ?
October 21, 2014 at 6:04 pm
RadityaNugraha.salaka
Kepada para pakar sejarah Melayu .khusus nya yg ada di ranah Minang..Pertama,terimalah salam,dan hormat sy,kedua,ada suatu pertanya.an untuk anda semua..Begini.stelah dicermati perjalanan sejarah yg bergejolak pd ranah Minang tempoe doeloe..Terkesan bahwa.sebagian penulis rawaha sajarah khusus untuk rang Minang..se olah2 meng olok2 tua2 dahulu..sebagai contoh 1.pada kisah Bundo kandung Versi Minang..dituliskan kalau bunda kandung mangirok ke. .? Menghindari kejaran dan serbuan Raja Sungai Ngiang.Tuan Bungkuk yg akan membalas dendam atas kematian Putranya.Twan Imbang Jaya.yg dibunuh oleh Pandeka Cinduo Mato. .karena barabuik putri anak daro yg akan menjadi manantu dr Bunda kanduang.Sedangkan pada tambo lain tersebut lah kalau Imbang Jayo.ini adalah Maharajo Srimat ra ilokya Raja Mauli busana warmadewa..Jadi sesuatu hal yg mustahil telah di paparkan oleh para pandeka Minang,dlm rangka menyesatkan alur sejarah..Tentu disamping hal itu,ada maksud2 tertentu ..sehrus nya sbgai bangsa yg menghargai nenek moyang..cerita2 pembodohan tsb,tak pantas untuk dicontohkan..Sakean n Wasalam
June 10, 2015 at 11:33 pm
Kasih
Assalamualaikum.. saya mohon dari pihak Tuan… Benar Dalam Kerajaan Pagaruyung ada Senarai nama ini Sultan Syed Abdul Rahman.. mohon ada jawapan dari pihak tuan sekiranya tuan dapat maklumat… Saya mahu salahsilah dari keturunan Sultan Syed Abdul Rahman.. terima kasih.
August 1, 2020 at 11:06 pm
Tengku Ahmad Ridhaudin
abdul rahman rumi?
November 21, 2015 at 7:23 am
mohammad
saya agak keliru dgn susunan raja alam pagaruyung. bolehkah admin beri pencerahan sultan muningsyah yg mana jadi raja alam stlh rajo naro terbunuh dan sultan muningsyah yg mana terselamat dari trajedi koto tangah tanjung barulak.
November 27, 2015 at 9:11 am
rdtngrh
No Comment..
December 19, 2015 at 4:02 pm
nur husna
Keturunan moyang saya pun dari pagarruyung,belah opah saya nama moyang saya raja saiyah atau raja sahyah,kebanyak adik beradik saya,memperolehi kebolehan yg istemewa yg tk boleh digambarkan,dan kami ingin kepastian yg lebih jelas lagi tentang salahsilah keturunan.ini.tolong beri penjelasan yg lebih terperinci.
February 23, 2022 at 11:03 pm
mustaffa
salam. sy mus nak berty keturunan raja saiyah dari seri menanti kg tengah ke? wssap 01155031051
September 14, 2016 at 3:48 pm
Liza Ahmad
Salam, saya sedang mencari salasilah keturunan saya. Dimaklumkan nenek dan moyang bahawa Raja Embong adalah susur galur keluarga saya. Mohon pencerahan jika tuan ada maklumat lanjut. Keluarga saya menetap di tapak istana Raja Melewar yg asal di Rembau Neg Sembilan
October 2, 2016 at 6:53 pm
Mira Marlena
Salam Liza,
Secara kebetulan, moyang saya juga mempunyai nama yang sama! Adakah Raja Embong ni juga memakai gelaran Raja Labuh? Jika ya, sudilah kiranya Liza berkongsi maklumat ke email saya : gemenzee@gmail.com
Wassalam.
August 19, 2017 at 9:08 am
Direktori Silsilah Keluarga Raja-Raja Pagaruyung – Minangkabau Heritage
[…] SUMBER ARTIKEL […]
October 2, 2018 at 3:21 pm
JANJI-YA
Filosofi Lumuik Hanyuik dan Sejarah Bangsa dan pengembaraan masyarakat Minangkabau
Lumuik Hanyuik adalah salah satu motif ukiran Minangkabau yang diturunkan dari motif Gandara Scrolls, sebuah warisan budaya yang telah ikut mencatat perjalanan sejarah masyarakat Minangkabau. Dalam khazanah kebudayaan Minangkabau, sebuah motif ukiran bukan hanya sebuah hasil budaya berkesenian yang tanpa makna. Ada sebuah filosofi di balik hasil karya itu, ada latar belakang sejarah yang disimpan didalamnya.
Motif ukiran Lumuik Hanyuik
Syair berikut ini menggambarkan latar filosofi dari motif Lumuik Hanyuik :
…………………………………………….
Aka lapuak gagangnyo lapuak
Hiduik nan indak mamiliah tampek
Asa lai lambah, inyo lah tumbuah
Dalam aia bagagang juo
Aia hilia lumuik pun hilia
Walau tasalek di ruang batu
Baguba babondong-bondong
Aia bapasang lumuik bapiuah
Namun hiduik bapantang mati
Baitu untuangnyo lumuik
Indak mancari tampek diam
Hanyo manompang jo aia hilia
Indak mamiliah tampek tumbuah
Asa kasampai ka muaro
Usah cameh badan kahanyuik
Baguru kito kalumuik
Alam takambang jadi guru
Lahianyo lumuik nan disabuik
Bathinnyo Adat Minangkabau
Dilariak di papan tapi
Ukiran rumah nan di lua
Gambaran adat hiasan alam
Pusako salamonyo
Demikianlah, sebuah motif ukiran dengan gamblang menceritakan perjalanan panjang sejarah orang-orang yang mendirikan Kebudayaan Minangkabau. yang datang dari puncak gunung merapi / karinci sandaran agung, entah sudah berapa daerah yang mereka lalui, entah sudah berapa lautan yang mereka seberangi dan entah sudah berapa pegunungan yang mereka daki.sebelumnya.
October 2, 2018 at 3:32 pm
JANJI-YA
Tambo Sutan Nan Salapan
November 14, 2011 in Kerajaan, Tambo |
Pada tahun 1050 H (1680 M) Kerajaan Pagaruyung telah mengeluarkan satu keputusan berupa Sunnah 1050 yang berisikan penempatan Raja-Raja di Rantau ( Darat dan Laut ) di mana ada terdapat masyarakat yang berasal dari ketiga Luhak di Minangkabau.
Naskah ini disebut juga Tambo Nan Salapan dengan isi sebagai berikut:
1) Adapun nan tingga di tanah Aceh ialah nan banamo Sultan Syariat berpangkat Rahim. Anak cucu Daulat yang dipertuan dalam Nagari Pagaruyung, asal mulonyo rajo-rajo di negeri Aceh, malimpah ka Patahan Batu, lalu ka tanah labuah kaliliang, lalu ke Deli. Adapun Deli taklukka Aceh. Itulah kebesaran Rajo Aceh nan turun tamurun, lalu sakarang kini, nan tiada marubah rubah, waris nan manjawek dek Rajo Aceh, nan di tarimo dari Niniak kito. Wallahualam.
2) Adapun nan tingga di dalam nagari Banten, malimpah lalu ka Batawi, Sultan Nan Banamo: Marhabat Maruhum Alam, anak cucu yang dipertuan di dalam nagari Pagaruyung, tatkala asa mulonyo Raja di tanah Jawa, lalu ke Johor ka Manggali, kaliliang Banten Batawi, semuanya tanah Banten ialah kebesaran Raja Banten, beroleh khalifah dari yang dipertuan nan sati, memberi ijin mutlak serato sumpah sati, kalalamullah di dalam Koto Pagaruyung, Darussalam
3) Adapun nan tinggal turun temurun di dalam nagari Jambi Sultan Bagindo Tuan Rabbi, anak cucu Daulat yang di pertuan dalam nagari Pagaruyung, tatkala asa yang dipertuan dalam nagari Pagaruyung, tatkala asa mulonyo jadi rajo dalam nagari Jambi, lalu melimpah ka Batang Hari sampai ka hulu Batang Sangie, tatkala asa mulonyo jadi Rajo di dalam nagari Jambi 12 Koto Sungai Babi, tatkala masa dahulunyo, itulah kabasaran dan mukjizat, Sultan Bagindo Rabbi, nan dijawek turun tamurun, beroleh derajat nan tinggi di bari Allah Subhanahuwataala, amin ya rabbal alamin.
4) Adapun yang turun tamurun ka Palembang katurunan di tanah Jawa asal mulonyo jadi Raja ialah, nan banamo Sultan Bagindo Ibnu Rahim, anak cucu Daulat yang dipertuan di dalam nagari Pagaruyung, Tinggal di dalam Nagari Palembang, malimpah lalu ka Musi, sampai turun ka Bugis Makasar, di dalam laut kaliliang tanah Bugis, ialah darajat dan mukjizat Sultan Bagindo Ibnu Rahim, Khalifatullah Muhammad Rasulullah. Amin
5) Adapun nan turun tamurun ka nagari Pariaman tatkala, akan badiri, belum banamo Tiku Pariaman, hanyo banamo Sungai Salak, nan tingga didalam nagari Pariaman, ialah nan banamo Sultan Maharajo Dewa, anak cucu Daulat yang dipertuan Nan Sati di dalam Koto Pagaruyung, tatkala asa mulonyo manjadi Rajo di Pariaman, malimpah lalu ka Natal sakuliliangnyo, kurnia Allah subhanahuwataala, baroleh Khalifah dari pado bapaknyo, karena mukjizat Tuanku Nan Sati, dalam Nagari Pagaruyung, Nan Khalifah datang dari dalam syurga jannatun naim. Rahman Muhammad Rasulullah.
6) Adapun nan turun tamurun dalam nagari Indrapura, tatkala asa mulonyo jadi Raja Indrapura, nan banamo Sultan Muhammad Syah, anak cucu daulat nan dipertuan nan Sati, didalam nagari Pagaruyung, itulah yang mulo-mulo jadi Rajo di Indrapura, balahan tingga di dalam nagari Muko-Muko, Partamuan Rajo Rajo dahulunyo, balun banamo Muko Muko, sakalian hamba rakyat mangko turun ka tanah Padang, hinggo Lawik Nan Sadidiah, lalu ka pulau kaliliangnyo, kapado Rajo Indrapura Kaliling itu, itulah kabasaran Sultan Muhammad Syah Indrapura, nan oleh Khalifah di bari Allah, katurunan Daulat nan dipertuan Sati, Khalillullah di Pagaruyung.
7) Adapun nan turun tamurun ka dalam nagari Sungai Pagu, iolah nan banamo Sultan Besar, Barambuik Putieh, Bajangguik Merah, anak cucu daulat dipertuan nan Sati, dalam koto Pagaruyung, asa mulonyo jadi Rajo dalam Alam Sungai Pagu, malimpah lalu kabandar Nan Sapuluah, di situlah Rajo nan Barampek, keliliang Alam Sungai Pagu. Semuanya itu beroleh Khalifah, dari pado Tuhan yang banamo Rahman, tatkala manjunjung mangkuto alam nan mamilih Tanah Nan Sakapa di dalam alam nangko, berwasiat Sungai Pagu yang terjadi di dalamnyo.
8) Adapun nan turun tamurun ka nagari Indragiri, Sultan Kadhi Indra Sakti, anak cucu daulat nan dipertuan di dalam nagari Pagaruyung, asa mulonyo manjadi Rajo di nagari Indragiri lalu ka Kuantan sampai ka Riau, kaliling Indragiri Riau, adapun Riau takluk pado Indragiri, Riau baroleh Khalifah dari Indragiri, katurunan daulat nan Sati dari nagari Pagaruyung, itulah daulat na baroleh mukjizat, nan di bari Allah swt Alaihissalam, katurunan Adam di dalam syurga jannatun nain, amin ya rabbalalamin Tuhan Yang Maha Esa.
Bamulo Sultan Nan Salapan Rajo ialah nan banamo Sultan Rajo Siak anak cucu nan dipertuan dalam nagari Pagaruyung jua adonyo, ialah nan Kerajaannya di nagari Siak Malimpah lalu ka Kualo Kampar.
Tambo ini ganti baganti, salin basalin, turun tamurun kapado urang tuo kito, datang datang sakarang kini, barubahpun tidak barang sadikit syak dan mungkir akan tambo ini, dimakan kutuk daulat yang dipertuan, dimakan biso kawi dinagari, karena itulah adanya perkataan tulah,artinya menyalahi /menyimpang dari kebaikan serta dilarang sama sekali……..
. Pendapat Thambo
Dari beberapa tambo yang ditemui seperti Tambo Pariangan dan Tambo Sawah Tangah yang tidak diketahui penulisannya, maupun tambo yang dikenal penulisannya, pada dasarnya mempunyai kesamaan sejarah lahirnya nama Minangkabau. Salah satu di antaranya transkipsi Tambo Pariangan nama Minangkabau diceritakannya sebagai berikut :
“tidak berapa lama di antaranya datang lagi raja itu membawa seekor kerbau besar yang tanduknya sepanjang delapan depa. Maka raja itu bertaruh atau bertanding, seandainya kalah kerbau kami, maka ambilah isi perahu ini. Maka dijawablah oleh raja, kemudian minta janji selama tujuh hari. Keesokan harinya dicarilah seekor anak kerbau yang sedang erat menyusu, lalu dipisahkan dari induknya. Anak kerbau tadi dibuatkan tanduk dari besi, yang bercabang dua yang panjangnya enam depa. Setelah sampai janji itu maka dipasanglah tanduk palsu itu dikepala anak kerbau yang disangka induknya tadi. Melihat kerbau besar tersebut, maka berlarilah anak kerbau itu menuju kepada kerbau besar yang dipisahkan dari induknya sendiri untuk menyusu karena demikian haus dan laparnya. Lalu anak kerbau itu berbuat seperti menyusu sehingga tanduk palsunya masuk perut kerbau besar itu dan akhirnya iduk kerbau itu mati. Maka mufakatlah seluruh rakyat akan menamakan negeri itu Minangkabau“.
Atas kemenangan pertarungan kerbau yang diungakpkan oleh tambo tersebut juga diungkapkan dalam bentuk talibunnya sebagai berikut:
Karano tanduak basi paruik tajalo
Mati di Padang Koto Ranah
Tuo jo Mudo sungguahpun heran
Datangnya indak karano diimbau
Dek karano Cadiak Niniak kito
Lantaran manyambuang di galanggang tanah
Dipadapek tuah kamujuran
Timbualah namo Minangkabau
(karena tanduk besi tanduk terjela, mati dipadang koto ranah, tua dengan muda sangat heran, datangnya karena tidak dihimbau, karena cerdik nenek kita lantaran menyambung digelanggang tanah, diperoleh tuah kemujuran timbulah nama Minangkabau).
Pendapat dari tambo ini merupakan pendapat yang umum Minangkabau. Walaupun banyak pendapat yang lain seperti yang telah dikemukakan di atas tetapi tidak didukung oleh orang Minangkabau sendiri. Lain halnya pendapat tambo yang beberapa hal sebagai berikut:
a. Sampai sekarang di arena tempat pertarungan kerbau tersebut masih diperoleh nama-nama tempat yang tidak berobah dari dahulu sampai sekarang. Nagari tempat pertarungan ini sekarang masih bernama nagari Minangkabau (lebih kurang 4 km dari kota batusangkar). Di nagari Minangkabau tempat gelanggang pertarungan kerbau ini sekarang masih tetap bernama Parak Bagak (kebun berani). Di tempat inilah kerbau yang kecil tersebut memperlihatkan keberaniannya. Disamping itu juga ada nama Sawah Siambek dimana kerbau yang kalah itu lari dan kemudian dihambat bersama-sama.
b. Pendapat yang dikemukakan tambo didukung oleh masyarakat Minangkabau dari dahulu sampai sekarang dan tidak sama halnya dengan pendapat-pendapat lainnya.
c. Asal nama Minangkabau karena menang kerbau juga ditemui dalam “Hikayat Raja – Raja Pasai” seperti yang dikemukakan oleh Drs. Zuber Usman dalam bukunya “Kesusasteraan Lama Indonesia”. Dalam buku hikayat raja-raja pasai itu dikemukakan raja majapahit telah menyuruh Patih Gajah Mada pergi menaklukkan Pulau Perca dengan membawa seekor kerbau keramat yang akan diadu dengan kerbau Patih Sewatang. Dalam pertarungan ini Patih Sewatang mencari anak kerbau yang sedang kuat menyusu. Setelah sekian lama tidak menyusu kepada induknya baru dibawa ke arena pertarungan. Karena haus dan kepalanya diberi minang (taji yang tajam), ketika pertarungan terjadi anak kerbau tersebut menyeruduk kerbau Majapahit tadi. Dalam pertarungan ini kerbau Patih Sewatang yang menang.
Berdasarkan kepada tambo mungkin ada yang bertanya mengapa tidak disebut manang kabau tetapi Minangkabau. Jawabnya karena kemenangan itu lantaran anak kerbau tadi memakai “minang” yaitu taji yang tajam dan runcing sehingga merobek perut lawannya.
Asal nama Minangkabau lantaran kemenangan seperti yang dikemukakan tambo juga ada pesan-pesan tersirat yang disampaikan kepada kita dan enerasi selanjutnya bahwa sifat diplomatis haruslah dipergunakan dalam menghadapi sesuatu masalah. Pertentangan fisik harus dihindarkan seandainya masih ada alternatif lainnya. Disamping itu juga secara tidak langsung memberi inspirasi kepada kita sekarang untuk meniru meneladani cara berbuat dan berfikir seperti yang telah dilakukan oleh orang-orang Minangkabau pada masa dahulu. Dimana dibiasakan menggunakan otak sebelum menggunakan otot, diplomasi adalah langkah yang terbaik dalam menyelesaikan suatu pertikaian, dengan diplomasi musyawarah, berunding dan lain-lain, resiko yang lebih berat dapat dapat dihindari.
Akhirnya dapat disimpulkan bahwa nama Minangkabau yang bersumber dari kemenangan kerbau tidak diragukan lagi kebenarannya. Disamping itu juga dapat disimpulkan bahwa pemakaian nama Minangkabau dipergunakan untuk nama sebuah nagari dekat kota Batusangkar, untuk suku bangsa Minangkabau dan wilayah kebudayaan Minangkabau, nama Minangkabau yang berasal dari cerita adu kerbau inilah yang kita yakini kebenarannya. Sedangkan nama-nama yang dikemukakan oleh para ahli sejarah lainnya, kita terima juga sebagai pelengkap perbendaharaan kita dalam menggali sejarah Minangkabau selanjutnya.
“yang di tahui !
Kerajaan Kandis, Kerajaan Tertua di nusantara.
May 5, 2019 at 1:27 am
Norhaidatul Azian Tajul Ariffin
Saya mencari kerabat dari Sutan Kiran/Raja Kiran/Sutan Siran yang seangkatannya yang difahamkan dari Pagaruyuang keluar ke daerah Batu Bolah Kampar (kerajaan Sahilan) dan kemudian ke Malaysia. Saya antara warisnya. Mari rapatkan saf persaudaraan. Bonda saya juga dari Rao, asal muasal dari jalur Datuak Bendahari Sati Malintang yang juga asal muasal Pagaruyuang,
February 4, 2022 at 10:33 pm
Zak
Assalamualaikum wbt..
Saya mencari leluhur bernama Yamtuan Ghani yang berasal dari kampar kiri..
Nama di sini adalah Duali bin Daik..
Trimas
March 12, 2022 at 10:08 am
Direktori Silsilah Keluarga Raja-Raja Pagaruyung – Minangkabau Heritage
[…] SUMBER ARTIKEL DAPAT DIBACA DISINI […]
August 6, 2023 at 11:30 pm
diana
assalamualaikum. saya berasal dari n9..ingin mengetahui adakah nama sutan terkait dgn gelaran bagi kerabat kerajaan pagaruyung? atau hanya gelaran bg golongan bangsawan?
November 13, 2023 at 5:47 am
Kitab Salasilah Rajo-Rajo di Minangkabau, Benarkah Baru Terungkap Sekarang? | Paco Paco
[…] informasi-informasi silsilah ini dan menyatukannya dalam sebuah kompilasi file excel bernama Direktori Silsilah Keluarga Raja-Raja Pagaruyung yang dapat diakses oleh publik secara luas. Kompilasi ini tidak menggunakan angka tahun karena […]
November 20, 2023 at 9:42 am
Keluarga Cindua Mato dalam KSRM, Seberapa Sesuai Dengan Cerita Kaba? | Paco Paco
[…] dalam buku tersebut, terdapat nama raja Dewang Cando Ramowano dalam Dinasti Balai Gudam Pagaruyung yang menjabat sebagai Raja Alam […]
November 23, 2023 at 3:31 pm
Silsilah Keluarga Cindua Mato dalam KSRM, Seberapa Sesuai Dengan Cerita Kaba? | Paco Paco
[…] dalam buku tersebut, terdapat nama raja Dewang Cando Ramowano dalam Dinasti Balai Gudam Pagaruyung yang menjabat sebagai Raja Alam […]
December 13, 2023 at 9:22 pm
Tengku Lokman
Daeng rilaga pernah berkahwin dgn anak raja Pagar ruyung Dan mendapat zuriat raja 5 beradik Daeng parani, Daeng chelak, Daeng menabon, Daeng merewah Dan Daeng kemasi kenapa tak ada dlm catatan?